Sunday, October 6, 2013

LAKU PRIHATIN - INVESTASI MENUJU SUKSES ALA MANUSIA JAWA

        Orang Jawa itu akrab dengan sebuah LAKU, yakni menjalankan sebuah kehidupan dengan kesadaran penuh untuk tidak hidup dalam kehidupan yang sarwa "wah", bermewah mewahan tanpa kendali. Laku adalah modalitas kehidupan agar mengarungi hidup harus memiliki kendali. Tanpa kendali orang cenderung lupa diri dan berbuat sekenhendak hati.
       Orang Jawa itu gemar "tirakat" (prihatin), dan sangat percaya bahwa setiap aktivitas yang didahului dengan "laku prihatin" bakal menuai suatu kebahagiaan. Ada kesadaran yang diyakini, jika sdebuah aktivitas didahului dengan pesta pora, bermewah-mewahan agar berakhir negan kekecewaan. Menurut orang Jawa kehidupan itu murmula dari tataran keprihatinan, dan seakan-akan tidak sah jika seorang-orang itu dalam waktu yang secepat kilat langsung menerima kebahagian. Bagaikan adigium  "IF" dan "Than". "Jika" selalu diikuti "maka". 
      Seorang Raja bisa menerima Mahkota, jika ia menjalani laku, itulah yang sering dituturkan dalam lakon, ata legenda Jawa. Orang Jawa percaya, tiada kebahagiaan yang gratis dari langit. 
Buku yang dihadirkan di blog ini membentangkan persoalan laku. Laku Prihatin diyakini sebagai pengantar sukses. Menurut buku ini bahwa  Laku Prihatin itu merupakan investasi menuju sukses.
Dalam penuturannya buku ini dibagi dalam 5 Bab, dengan bahasan antara lain:
Bab I : Menelusuri Pandangan Hidup Orang Jawa (Manusia Jawa, Pandangan dan Cita-cita Hidup Orang Jawa, dan Karakter Orang Jawa.
Bab II : Sukses Hidup dalam Pandangan Orang Jawa (Keberhasilan da Keberuntungan, Orientasi Sukses dabn Sukses Hidup)
Bab III : Laku Prihatin di Jawa (Makna Laku Prihatin, Tujuan Laku Prihatin dan Pedoman Laku Prihatin
Bab IV : Ritualisasi Laku Prihatin (Wujud Laku Prihatin, Laku Prihatin dalam Kisah Wayang, Laku Prihation dalam Sejarah/Legenda Jawa, Laku Prihatin dala Kehidupan Rakyat di Jawa dan Aktivitas Laku Prihatin di Masyarakat Modern di Jawa)
Penutub merupakan Bab V.
DATA BUKU :
PENULIS: Iman Budhi Santoso
PENERBIT : Mamayu Publishing
ISBN: 978-602-971-587-3

No comments:

Warto Selaras

Google