Thursday, November 20, 2008

TRADISI RUWATAN

Tradisi ruwatan itu sesungguhnya sudah lama ada di Jawa, hingga saat ini masih kerap dilakukan bahkan sudah mendarah daging. Setiap problematika kehidupan yang muncul dan membutuhkan solusi, ruwatan selalu dirujuk untuk mengatasi. Buku ini mendokumentasikan apa dan mengapa ruwatan itu, yang jelas buku ini ikut "nguri-uri" khasanah budaya Jawa.
Semacam garis tangan saja, bahwa selama ini hanya buku yang masih mampu menjaga kelestarian apa budaya, dan kali ini ingin diwujudkan oleh Ragil Pamungkas, melalui penerbit Narasi.
Dalam buku ini mengurai mulai latar belakang, tujuan dan "ubo-rampe" -- sarana-sarana yang dibutuhkan. Kuatnya daya magis dan mistisnya sangat lekat, juga didukung dengan mitos-mitos, sehingga seakan menghadirkan "energi maya" yang sangat potensial menguatkan motivasi dan keyakinan setiap orang yang melakukan ritual ruwatan ini. Para Dewata, atau Bethara, dalam ritual ini diperankan sebagai energi yang mampu mengurai segenap problema, atau masalah-masalah yang menghadirkan aral, atau pun sial.
Melalui kalkulasi hitungan "pasaran" dijadikanlah sebagai alat menerawang pilihan-pilihan simbolisasi sebagai motivasi ritual, berikut sarat-sarat yang akan diadaptasikan.
Kendati banyak orang yang enggan meninggalkan tradisi ini, namun jika tidak diberangi dengan kemauan pelestarian, kemungkinan akan membuat bias pelaksanaan, atau menyimpang jauh dari tradisi aslinya.
Data buku
JUDUL: Tradisi Ruwatan- Misteri Di Balik Ruwatan
PENULIS: Ragil Pamungkas
PENERBIT: NArasi Jl. Irian Jaya D-24 Perum Nogotirto II Yogyakarta 55292. Telp.0274-7103084
ISBN[13]:978-979-168-107-0
ISBN[10]:979-168-107-4
CETAKAN: Pertama 2008
TEBAL: vii-99 hlm

No comments:

Warto Selaras

Google